Cara Perawatan Pintu Harmonika / Folding Gate

Diposting oleh Hulu on Sabtu, 27 Agustus 2016

Cara Perawatan Pintu Harmonika / Folding Gate , perhatikan agar supaya :
- Engsel pintu harus selalu terhindar dari kotoran-kotoran
- Dibawah lengan swingan harus selalu bersih dari kotoran
- Waktu mau swing pintu, yakinkan bantolan sudah terkunci ditempatnya
- Waktu mau menutup pintu, yakinkan swingan rell atas dan swingan rell bawah sudah tepat dan lurus dengan induk rell atas dan induk rell bawah.
- Jangan melepaskan bantolan sewaktu pintu tersimpan ditempat swingan
- Rell harus selalu bersih dari kotoran-kotoran
- Bila terasa berat, jangan dipaksa dan periksalah benda yang mengganjal
- Melakukan pelumasan pada setiap engsel krepyak
- Melakukan pelumasan terhadap engsel daun.

Baca SelengkapnyaCara Perawatan Pintu Harmonika / Folding Gate

Istilah yang Sering Digunakan Dalam Sound System

Diposting oleh Hulu on Selasa, 29 Maret 2016

Banyak dari kita yang kurang memahami tentang istilah dalam sistem penyuaraan/sound system. Mungkin masih terdapat kesimpangsiuran dalam pengertian sound system. Di sini mencoba untuk mengulas beberapa istilah sound system menurut pengalaman sehari-hari. Sound system adalah satu kesatuan perangkat audio yang mengeluarkan proses bunyi/ suara baik itu berupa vokal dari mulut kita atau dari sumber bunyi lainnya sehingga suara tersebut bisa didengar oleh telinga kita. Jadi lazimnya disebut sebagai peralatan penguat bunyi agar bisa didengar oleh manusia.

ISTILAH DASAR DAN PENGERTIAN DALAM AUDIO
Istilah ini kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari tentang penyebutan istilah dalam sound system, baik dalam bidang pembelajaran di sekolah maupun dalam penerapan teori-teori dasar yang berhubungan dengan Audio pada khalayak umum sering menggunakan istilah ini. Ada istilah yang menerangkan teori-teori dalam perhitungan dan pensetingan yang hanya dipahami oleh orang yang ahli pada bidang sound system yang kita sebut Sound Man atau Teknisi Sound. Di bawah ini kita dapat melihat beberapa pengertian istilah sound system baik secara umum maupun profesional.

1. Istilah umum Audio yang ssering dipakai
– Input (In) : Masukan sinyal suara ke dalam suatu perangkat Audio.
– Output (Out) : Keluaran sinyal audio dalam satu perangkat ke dalam suatu perangkat Audio yang lain.
– Decibel (dB) : Suatu unit untuk menunjukan keras lemahnya satuan bunyi.
– Stereo : Penempatan sinyal suara dalam dua discrete channel yaitu dalam lajur kiri (L) dan kanan (R) yang terdengar pada Speaker atau Headphones.
– Frequency (Freq.) : Banyaknya getaran yang terjadi dalam jangka waktu tertentu (satuan nya adalah Hertz, disingkat Hz).
– Hertz (Hz.) : Ini merupakan suatu unit ukuran untuk satuan Frekuensi. Gelombang suara dalam hitungan cycles per second.
– Harmonic : Spectrum dari frekuensi-frekuensi suara yang di dalamnya terdapat kelipatan bulat terhadap frekuensi dasar.
– Infrasonic : Frekuensi/ suara di bawah batas pendengaran kita, baisanya kurang dari 20Hz.
– Noise : Suara berisik yang tidak kita kehendaki sehingga cukup menggangu pendengaran dalam suatu lingkup ruang bunyi. Di dalam tehnik soundsystem suara berisik ini meliputi desis dengan dengung halus. Para soundman cenderung untuk menghilang suara noise ini dan mereka akan berusaha untuk mencari penyebab permasalahan ini. Kadang dalam kondisi tertentu noise ini diperlukan dalam peralatan musik, misalnya penggunaan efek suara distorsi. Pada sebagian orang suara ini sangat menggangu gendang telinga mereka namun tidak bagi para musisi.
– Feedback atau Storing : Suara mendenging atau mendengung secara kontinyu akibat suara yang dihasilkan masuk kembali ke sumber suara yang menghasilkan suara tersebut. Hal ini dapat diatasi dengan cara mengurangi level suara tersebut atau memindahkan jarak/ posisi arah peralatan.
– Clipping / Cutting : Sesuatu yang terjadi sewaktu Amplitudo suara melewati ambang batas maksimum. Umumnya suara menjadi pecah atau berlebihan.
– Critical Bandwidth : Lebarnya bandwidth suatu band-passed noise yang dapat menutup suatu narrow band signal yang mempunyai frekuensi tengah dalam daerah yang sama. Critical band diartikan suatu daerah yang membatasi suatu sensasi roughness dimana satu frekuensi dapat terdengar dengan jelas.
– Overtones : Frekuensi–frekuensi yang lebih tinggi dari frekuensi aslinya, hal ini dapat berkelipatan bulat atau pecahan.
– Overloads : Beban puncak atau berlebihan pada suatu proses pengiriman sinyal audio.
– Sensitivity (SENS) : Besar kecilnya energy listrik yang dihasilkan oleh Microphone akibat energy suara yang mengenai coil/ membran microphone.

2. Istilah dalam Profesional Sound System
– Sound Pressure Level (SPL) : Level tekanan yang disebabkan oleh gelombang suara biasa dengan satuan dB, bisa dilihat di setiap Microphone (kemampuan SPL sebuah Microphone).
– FOH (Front Of House) : Tempat yang digunakan untuk meng-control sound system. FOH adalah Control area umumnya berada di depan panggung. Umumnya menyeimbangkan sinyal suara pada seluruh PA System.
– PA (Public Address) System : Bahasa professional untuk perangkat sound system yang menghadap ke penonton.
– Audio Compressor : Alat yang digunakan untuk mengatur tekanan dynamic range audio.
– DI (Direct Inject) Box : Suatu alat yang berfungsi sebagai pencabang alat musik sebelum masuk ke Mixer audio. Biasanya terdapat dalam sound system panggung.
– Equalizer (EQ) : Alat untuk menaikan (membesarkan) dan menurunkan range level suara (dB) pada frequency tertentu.
– Audio Mixer/ Desk Consule : Suatu alat yang berfungsi sebagai pencampur dari beberapa sumber bunyi yng ditancapkan pada beberapa channel input. Dalam pengaturannya terjadi proses penguat dan penyeimbang dari beberapa sumber suara (tergantung operator) hingga menjadi satu output yang memenuhi kriteria untuk menjadi input pada peralatan Audio sistim.
– Mixer Monitor : Mixer yang ada dibelakang atau disamping panggung yang konsentrasinya adalah untuk melayani pembagian suara dan balancing monitor diatas panggung.
– Multi Effect (FX) Processor : Alat yang dipergunakan untuk memberikan effect – effect tertentu pada suara.
– PFL (Pre Fade Listening) : Tombol untuk melihat sebuah channel yang aktif pada sebuah Mixer saat audio masuk ke Mixer. Kondisi ini juga untuk melihat seberapa besar kekuatan level yang masuk pada channel tersebut(Gain input). Apabila PFL ditekan biasanya akan terhubung ke Headphones monitor.

3. Istilah dalam MICROPHONE – Jenis-jenis Microphone Profesional
Microphone adalah suatu alat yang mengubah energi suara menjadi energi listrik. Energi ini diterima oleh sebuah kumparan yang terdapat di dalam wadah Microphone. Kumparan ini memiliki impedansi tertentu sesuai dengan kegunaannya. Untuk vokal rata-rata memiliki impedansi kurang lebih 400 ohm sampai 600 ohm.
– Vocal Microphone : Microphone jenis ini khusus dipergunakan untuk menerima bunyi yang bersumber dari suara manusia.
– Microphone Dynamic : Jenis microphone mempunyai diaphragm yang kecil, menggunakan prinsip kerja induksi.
– Handheld Microphone : Microphone yang dipegang oleh tangan, microphone genggam.
– Percusi Microphone : Percusi adalah peralatan bunyi yang dipergunakan dalam musik yang mengeluarkan bunyi dengan cara dipukul atau digoyangkan. Salah satu bagian dari percusi ini adalah peralatan drum.
– Polar Pattern Microphone : Pola arah penerimaan getaran suara dari suatu Microphone.

Istilah dalam Jenis-jenis Microphone
– Wired Microphone, Microphone yang menggunakan sambungan kabel. Sistim sambungan kabel ini terdiri dari sistim Balance dan Unbalance.
– Wireless Microphone, Microphone tanpa kabel (lazim disapa dengan nirkabel) adalah microphone yang koneksinya tidak menggunakan kabel. Untuk menghubungkan sinyal menggunakan sistim transmitter yang terhubung kepada receiver dalam satu paket frekuensi VHF atau kadang UHF.
– Microphone Clip On, clip atau klip artinya dijepitkan. Jenis Microphone ini bentuknya kecil dengan posisi penempatan microphone dipasangkan pada kostum pembawa acara/ imam/ komandan upacara.
– Omni Directional, Jenis Microphone ini dapat menerima suara dari segala arah resapan.
– Hypercardioid, Bagian dari Uni Directional mempunyai pola penerimaan suara satu arah yang lebih sempit lagi dari pola super cardioid.
– Bi Directional, Microphone yang mencegah suara yang datangnya dari arah samping tapi sangat peka pada arah depan atau belakang.
– Cardioid, Bagian dari Uni Directional ini mempunyai pola penerimaan suara satu arah dari pembicara.
– Microphone Condenser, Jenis Microphone yang menggunakan sistim kerja dengan Condensator. Salah satu yang menggunakan jenis Mikrofon kondenser ini adalah Microphone Clip-on.
– Microphone Ribbon, Jenis Microphone yang bekerja menggunakan ribbon foil metal.
– Shotgun Microphone, Jenis Microphone ini sangat terarah dengan sensitivitas yang tinggi. Biasanya berbentuk stik.
– Super Cardioid, Bagian dari Uni Directional mempunyai pola penerimaan suara satu arah yang lebih sempit lagi dari pola sub cardioid.
– Sub Cardioid, Bagian dari Uni Directional mempunyai pola penerimaan suara satu arah yang lebih sempit lagi dari pola cardioid.
– Uni Directional, Microphone yang menerima suara hanya dari satu arah saja.

4. Istilah dalam Effect (FX) Suara – Profesional
Anechoic Chamber
Suatu ruangan yang dirancang khusus untuk menghilangkan pantulan suara dari dinding. Idealnya, sebuah anechoic chamber tidak menimbulkan pantulan suara pada frekuensi berapa pun (dindingnya menyerap semua frekuensi) dan dapat ‘me-reproduksi’ suara asli yang telah di rancang/desain seakurat mungkin terhadap percobaan yang kita lakukan disitu.
Reverberation Time
Waktu yang dibutuhkan suara untuk berkurang 60dB di suatu ruangan yang mempunyai dinding-dinding reflective.
Reverberance
Suatu sensasi reverberation di dalam sebuah ruangan, dapat juga diartikan sensasi dimana kita dikelilingi oleh suara.

Demikian istilah-istilah yang umum digunakan dalam sound system. Sebenarnya masih banyak istilah-istilah lain yang harusnya kita ketahui juga, namun sebagai dasar istilah-istilah diatas dianggap sudah cukup.
Baca SelengkapnyaIstilah yang Sering Digunakan Dalam Sound System

Nasi Gembul Sajian Lauk Berbalut Nasi di Kediri

Diposting oleh Hulu on Kamis, 10 Maret 2016

Nasi Gembul Sajian Lauk Berbalut Nasi di Kediri
Nasi Gembul merupakan olahan nasi dengan isian masakan daging ayam dengan bumbu-bumbu rempah di dalamnya. Rasanya enak dengan tambahan masakan daging ayam di dalammya membuat nasi gembul ini menjadi spesial.

Nasi Gembul ini sangat praktis penyajiannya.. nggak perlu piring .. sendok dll.. langsung saja..happ..masuk mulut..hihi..dan sudah bisa jadi menu makan atau pengganjal perut. Jika kita dalam perjalanan atau buat bekal piknik..praktis. Sepintas nampak seperti lemper ya jika belum pernah coba Nasi Gembul. Tapi ini sangatlah berbeda, kalau lemper terbuat dari beras ketan namun Nasi Gembul ini terbuat dari beras biasa yang pulen. Terus diisi dengan masakan dagin ayam dan jadi rasanya tambah gurih dan enak. Bentuknya juga lebih besar dari lemper, karena kalau lemper kan buat camilan aja tapi kalau Nasi Gembul nih lebih mengenyangkan.

Yuk, order Nasi Gembul

Varian Nasi Gembul :
• Ayam Woku
• Ayam Rendang
• Ayam Katsu Mayo

Harga Rp. 7000/porsi
(Minim order 3 porsi)
Ongkir menyesuaikan jarak

CP :
• WA : 081252785185
• BBM : 59EE998B

Alamat : Jl. Suparjan MW No. 9A
Mojoroto, Kota Kediri

WEBSITE : nasigembul.kediridelivery.com
Baca SelengkapnyaNasi Gembul Sajian Lauk Berbalut Nasi di Kediri

Kelaparan ? Ada Kediri Delivery Ekspres Solusinya

Diposting oleh Hulu on Sabtu, 05 Maret 2016

Tidak sedikit mahasiswa anak-anak kost di Kediri mencari warung dengan layanan pesan antar makanan. Ada beberapa alasan mereka membutuhkan tempat makan yang bisa melayani pesan antar makan.

Pertama, ketika kesibukan bertambah karena tugas-tugas kampus harus diselesaikan segera sehingga untuk urusan makan mereka tidak sempat keluar membeli nasi bungkus.
Kedua, penjual bakso, bakwan, nasi goreng dan bakmi tidak lewat depan kost karena tempat kost berada di gang sempit yang tidak mungkin dilalui oleh penjual makanan yang membawa rombong atau gerobak.
Ketiga, karena malas keluar kost dan perut lapar setengah mati.
Keempat, pacar tidak bisa dimintai tolong karena sedang sibuk mengerjakan tugas kuliah atau sedang pulang ke kampong halamannya.
Dan masih banyak alasan lain jika diteruskan. Hidup memang penuh dengan alasan.

Jika Anda sudah berusaha mencari di internet atau browsing informasi tentang warung yang menyediakan layanan jasa pesan antar makanan di Kediri namun tidak ketemu, sebaiknya Anda segera menghubungi nomor pesan antar makan ini, 089687668889 Kediri Delivery Ekspres. Ya, saran kami segera saja telepon/SMS/WA di nomer itu sebelum Anda kehabisan energi dan mendadak pingsan karena kelaparan akut. Jangan sampai ada berita mengharukan di koran Jawa Pos atau Radar Kediri tentang mahasiswa yang mati di kamar kost diduga karena kelaparan. Sungguh tidak keren kan ???

Selain pesan antar makanan, kami Kediri Delivery Ekspres juga melayani delivery kue ulang tahun, parcel, hadiah, kado, dan lain-lain. Kami membuat urusan Anda jadi mudah. Tinggal pesan, kami akan mengupayakan barang atau makanan yang Anda pesan semua ada dan terkirim ke alamat yang ditentukan. Anda mungkin saja memesan pada kami sebuah kado untuk hadiah di hari ulang tahun sahabat atau pacar. Nah, tidak harus repot Anda membeli barangnya dan mengemasnya dengan cantik. Hubungi kami maka yang Anda inginkan akan segera jadi kenyataan.

Jadi apalagi yang Anda pikirkan ? Pilihan bagus menentukan tujuan baik. Jasa kami adalah solusi delivery makanan di Kediri, pesan antar makan, kurir barang dalam kota cepat, kirim undangan pernikahan dan acara apapun.
Baca SelengkapnyaKelaparan ? Ada Kediri Delivery Ekspres Solusinya

Tips Branding Lewat Fans Page Facebook

Diposting oleh Hulu on Selasa, 01 Maret 2016

Dalam penjualan tentu ada banyak faktor yang harus diperhatikan, salah satunya adalah memperkenalkan nama toko Anda sebagai seller kepada khalayak ramai. Atau mungkin jika Anda memiliki sebuah perusahaan yang memproduksi barang maupun jasa tentu harus memiliki nama yang disebut brand sebagai identitas dan ciri untuk pembeda dengan perusahaan lainnya. Berbicara tentang brand, mungkin banyak orang yang belum memahami apa itu brand.

Menurut para ahli, yang disebut brand adalah sebuah merek yakni suatu nama, kata, simbol, tanda, maupun desain, atau bahkan bisa berupa kombinasi dari semuanya itu guna mengidentifikasi sang pembuat serta penjual produk dan jasa terkait. Cukup jarang ada penyedia barang maupun jasa yang tidak memiliki brand, bahkan sekelas warung rames saja harus memiliki brand. Contohnya adalah penggunaan nama ‘Warung rames Yu Jum’. Ketika Anda sudah memiliki nama brand, tentu perjuangan tidak berhenti.

Ada sebuah langkah yang disebut branding yakni kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan terkait untuk proses membangun serta membesarkan brand, namun khususnya adalah untuk memperkenalkannya lebih luas.

Kali ini yang akan kami perkenalkan adalah melakukan branding melalui fasilitas layanan fans page Facebook, sebuah fasilitas yang memang banyak dimanfaatkan untuk tujuan marketing online. Seperti apa saja triknya? Simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

1. Nama Utama Wajib Nama Branding
Pastinya akan menampilkan nama brand Anda pada fans page karena inilah yang menjadi ciri dan identitas utama yang paling sering terlihat. Ya, Facebook adalah jaringan sosial media viral dan ketika fans page Anda terlihat orang lain maka yang pertama terlihat adalah nama utama. Jika bukan nama brand Anda yang tertulis bagaimana orang akan mengenalnya? Nama pribadi atau nama samaran bukanlah nama yang cocok untuk kegiatan marketing.

2. Foto Profile Menampilkan Produk, Logo dan Hasil Jasa
Setelah nama utama, dalam sosial media Facebook elemen yang juga sering terlihat adalah foto profile. Apa jadinya jika fans page marketing Anda dipasang foto yang tidak berhubungan dengan produk maupun jasa Anda? Misalkan Anda memasang foto pribadi Anda, tentu saja tidak memberikan faedah apa-apa dan bukan termasuk dalam aktivitas branding. Yang namanya sedang branding tentu Anda harus memasang sebuah foto yang menampilkan produk Anda bahkan lebih bagus jika dalam produk tersebut terdapat nama, atau alternatifnya adalah menampilkan logo (lambang) brand maupun foto hasil jasa yang dibuat bagi klien.

3. Informasi Fans Page (Tentang)
Fans page Facebook menyediakan kolom ‘Tentang’ yang memang bisa dimanfaatkan untuk menerangkan siapa Anda atau perusahaan Anda, kapan berdiri, apa produk maupun jasa yang dijual atau menerangkan kontak yang bisa dihubungi. Manfaatkan kolom ‘Tentang’ untuk branding perusahaan Anda. Agar orang lain bisa lebih mengenal serta mengetahui apa saja yang Anda miliki. Sederhananya kolom ini adalah kolom untuk mendeskripsikan tentang brand Anda.

4. Foto Sampul
Penggunaan foto sampul semakin mempertegas bahwa Anda memang benar-benar serius untuk membangun dan membesarkan brand. Apalagi dalam Facebook foto sampul merupakan elemen foto terbesar yang bisa dilihat pada halaman utama. Ya, manfaatkan fasilitas foto sampul untuk menampilkan nama brand serta produk, atau mungkin bisa sebagai tempat untuk menginformasikan tentang promo, berita terkini yang berhubungan dengan brand maupun produk Anda.

5. Postingan Jualan
Rajin-rajinlah memposting pada fans page tentang aktivitas jualan Anda. Tidak perlu mempostingkan tentang kehidupan pribadi Anda apalagi curhat. Postingan jualan mungkin bisa memperkenalkan produk terbaru, mempostingkan harga diskon, atau opsi produk dengan varian semakin banyak. Pastikan fans page Anda dikenal karena ciri khasnya selalu menampilkan produk-produk terbaik dan lengkap dengan gambar serta foto-fotonya. Yang pasti trik yang cukup bagus adalah memposting sesuatu yang mudah diingat oleh orang lain.

6. Watermark Untuk Identitas
Terkadang keberadaan watermark pada sebuah gambar sering disepelekan, padahal watermark menjadi sesuatu yang mudah diingat. Mungkin bisa berupa logo brand, nama brand maupun icon. Penggunaan watermark bisa menjadi branding ‘terselubung’. keberadaannya memang kecil, namun bisa diingat oleh orang lain.
Baca SelengkapnyaTips Branding Lewat Fans Page Facebook